informasi lantai kayu parket dan lantai vinyl. Harga terbaru berbagai jenis lantai parket dan lantai vinyl beserta biaya pasangnya

SPC Flooring

Mengenal SPC Flooring

Belakangan ini SPC Flooring begitu booming dan hype dalam dunia bangunan khususnya flooring. Tak sedikit orang yang bertanya apa itu SPC? Dari bahan apa SPC dibuat? Dan bagaimana kelebihan dan kekurangannya dibanding dgn vinyl atau parket?
Untuk mengenal SPC flooring lebih jauh, saya akan coba jelaskan satu persatu mengenai produk flooring terbaru ini.

Apa Itu Stone Plastic Composite (SPC) Flooring?

Sekarang ini, ada banyak sekali produk flooring di Indonesia. Selain keramik dan granit yg sudah umum digunakan, adapula parket laminated dan vinyl tile.
SPC flooring merupakan pengembangan dari vinyl flooring yg sudah eksis terlebih dahulu sebagai bahan pelapis lantai atau flooring. Jika material vinyl cenderung lunak dan elastis, SPC flooring ini sebaliknya, ia cenderung kaku dan solid.
Namun kekakuan dalam SPC ini adalah kelebihan bagi produk tsb. Pelapis lantai yg solid dan kaku akan menjaga kestabilan lantai jg berfungsi untuk meredam permukaan lantai yg kurang rata agar tetap terlihat rata dan stabil.
Walaupun kaku dan solid SPC flooring ini tetap nyaman ketika dipijak, tetap hangat dikala musim hujan dan tidak dingin seperti keramik saat cuaca dingin. Ini dikarenakan SPC flooring memiliki top coating dari bahan yg sama dengan vinyl.

Susunan Material SPC Flooring

Untuk menghasilkan pelapis lantai yang kuat, SPC Flooring dibuat dengan menyusun beberapa layer atau lapisan sekaligus. Berikut ini layer yang yang umumnya digunakan pada SPC Flooring:

Lapisan Terluar Atau Wear Layer:
Lapisan terluar SPC menggunakan bahan yg sama dgn parket dan vinyl, yaitu lapisan bening/transparan yg berfungsi sebagai antigores dan anti noda, juga menjaga lapisan top coating dari perubahan warna dan motif.

Lapisan Warna/Motif:
SPC Flooring memiliki lapisan warna/motif dari bahan vinyl tepat di bawah lapisan bening/transparan.
Pada lapisan ini warna, motif dan texture SPC ditentukan. Tujuannya untuk menambah nilai estetika pada ruangan. Terbuat dari material yang tahan air dan rayap.

Lapisan Inti:
lapisan inilah yang merupakan inti dari SPC Flooring. Lapisan inti terbuat dari campuran kalsium karbonat (batu kapur), bubuk PVC, dan stabilizer untuk menghasilkan pelapis lantai yang stabil dan tahan air.

Lapisan Ixpe:
Ini adalah lapisan paling bawah SPC flooring. Fungsinya untuk meredam permukaan lantai yang kurang rata agar tetap stabil dan menjaga kelembaban lantai agar suhunya tetap stabil. Lapisan ini mirip dengan foam/underlyer pada parket laminated. Namun lapisan ini tidak selalu ada pada SPC flooring, tergantung dari produsen SPCnya.

Keuntungan Menggunakan SPC Flooring

SPC Flooring memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh bahan flooring lain. Keunggulan SPC flooring ini seperti gabungan dari keunggulan lantai parket dan lantai vinyl. Yaitu diantaranya:

1. Tahan Air & Rayap
SPC flooring telah terbukti tahan air dan rayap. Susunan komposisi materialnya didesign untuk tahan dalam segala cuaca termasuk udara yang lembab dan berair. Materialnya yang padat dan kaku menjadikan SPC flooring cocok digunakan ditempat yang lembab dan tertutup sekalipun. Seperti basement, dapur, gudang ataupun teras. Pelapis lantai yang tahan air dan rayap menjadikan pertimbangan banyak orang dalam memilih SPC flooring.

2. Mudah Dibongkar Pasang
Seperti halnya lantai parket, SPC flooring mudah dalam pemasangannya karena menggunakan click system pada setiap sisinya. Untuk instalasinya cukup dengan menyambungkan lembaran SPC flooring satu dengan yang lainnya tanpa perlu menggunakan lem atau perekat. Kelebihan dalam pemasangan ini yang hanya dimiliki oleh lantai parket dan lantai vinyl jenis tertentu saja. 

3. Tetap Stabil dan Solid
SPC flooring tetap stabil dalam perubahan cuaca. bahannya yang kaku dan solid menjadikannya tidak mudah memuai, bisa dikatakan SPC flooring ini material yang minim pemuaian.  SPC flooring juga material yang solid yang tidak mudah gores, baret, dan pecah.Juga dapat menahan benturan dan beban berat sperti furniture yang ada diruangan anda.

4. Mudah Dalam Perawatan
Untuk merawat SPC flooring tidak memerlukan treatment yang rumit. Cukup dengan menyapu dan mengepel saja. Namun disarankan tidak menggunakan pembersih lantai yang memakai bahan kimia yang keras.

5. Meningkatkan Nilai Estetika Ruangan Anda
SPC flooring memiliki warna adan corak yang beragam yang bisa anda sesuaikan dengan design ruangan anda. Baik itu seperti warna atau corak kayu ataupun marmer. Menggunakan SPC flooring akan meningkatkan nilai estetika ruangan anda, dan menambah kenyamanan anda tentunya.

Spesifikasi SPC Flooring

SPC flooring tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda dari lantai vinyl maupun parket. SPC flooring memiliki ketebalan 4mm dan 8mm. untuk ukuran perlembar/plank dan quatity perbox juga berbeda tergantung dari merk dan produsen pembuatnya. 


Jika anda tertarik dengan SPC flooring kami mempunyai beberapa produk SPC flooring yang kami rekomendasikan untuk anda. Diantaranya adalah:

3. Trilogi SPC
4. Zebrano SPC